Minggu, 24 Mei 2015

TUGAS FINAL PERENCANAAN PENDIDIKAN



1.             Menurut pendapat saya perencanaan dalam suatu lembaga pendidikan  memiliki peranan yang sangat penting karena sebagaimana kita ketahui dalam melakukan atau bertindak tahap awal atau langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan suatu perencanaan untuk menetapkan tujuan yang akan di capai dalam suatu lembaga pendidikan dan tanpa perencanaan tujuan tidak akan tercapai secara efektif dan efisien.
Di bawah ini merupakan Pentingnya perencanaan pendidikan dapat diuraikan sebagai berikut, perencanaan pendidikan:
  1. Merupakan usaha untuk menetapkan atau memformulasikan     tujuan yang dipilih. Oleh karena itu perencanaan dapat memberikan arah usaha pendidikan dengan jelaas.
  2. Memungkinkan kita dapat mengetahui sampai dimana tujuan pendidikan yang ditetapkan telah dicapai.
  3. Memudahkan kita untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang timbul dalam usaha mencapai tujuan pendidikan.
  4. Memungkinkan kita untuk menghindari pertumbuhan dan perkembangan suatu usaha yang tak terkontrol, misalnya dalam mengembangkan kurikulum, kita mempunyai kecenderungan untuk selalu menambah jumlah dan jenis matakuliah dari yang sudah ada.
2.             Menurut pendapat saya tahap yang di lakukan dalam suatu lembaga agar berjalan dengan baik sesuai rencana yang telah di susun.
a.       Pra perencanaan
Sebelum Suatu lembaga di jalankan dalam pencapaian tujuan  hal yang utama di lakukan adalah  menciptakan bidan yang bertugas dalam melaksanakan fungsi perencanaan kemudian kita harus menetapkan orang-orang yang bertugas dalam setiap bidang tersebut dan orang yang bertugas di dalamnya membuat struktur administrasi lembaga pendidikan agar semua dapat bekerjasama dalam penerapan perencanaan setelah itu kita harus menentukan orang-orang yang akan melakukan pengumpulan data dan meneliti data yang di butuhkan dalam suatu lembaga pendidikan.
b.    Perencanaan awal
Setelah pra perencanaan kemudian dilakukan kegiatan di agnosis,formulasi kebijakan,penilaian kebutuhan,perhitungan biaya. kegiatan ini di lakukan untuk membandingkan sesuatu yang di harapkan di luar dengan apa yang telah di capai sekarang dan memperbaiki kelemahan, kekurangan rencana yang telah di tetapkan kemudian menilai atau menyiapkan kebutuhan yang di  butuhkan dengan  menghitung semua biaya yang di gunakan serta menetapkan target untuk melihat dan meneliti kembali kebutuhan yang di temukan.
c.       Formulasi rencana
Pada formulasi ini di sinilah pemimpin mengambil keputusan tentang isi dari perencanaan.
d.      Elaborasi rencana
Pada isi perencanaan sebelum di terapkan perlu di lakukan elaborasi unttuk di perinci sedemiikian rupa agar tugas dari unti-unit dalam lembaga pendidikan menjadi jelas.
e.       Implementasi rencana
Setelah di perinci sedemikian rupa isi suatu rencana kemudian di implementasikan rencana dengan menetapkan jadwal waktu yang di tetapkan.
f.       Evaluasi dan perencanaan ulang.
Dalam proses pengimplementasian rencana kita harus mengevaluasi kembali sampai di mana tujuan telah tercapai.

3.             Metode SWOT
Analisis SWOT (singkatan bahasa inggris dari strenghts, weakness, opportunities, dan threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu Lembaga pendidikan.
ü  SD Negeri 4/82 Unyi Dengan usia yang cukup tua ini semakin berkembang sehingga Orang tua  sekitar berminat untuk memasukkan anaknya di sekolah ini.
ü  SD Inpres 4/82 Unyi memiliki guru yang menggunakan metode mengajar yang bervariasi.
ü  SD Negeri  4/82 Unyi masih mendapatkan bantuan pemerintah daerah pembangunan ruang belajar sebanyak 6 ruang, 1 buah ruang tata usaha dan perpustakaan.
ü  Jumlah siswa SD 4/82 Unyi cukup memadai.  
ü  Saat ini kemampuan berbahasaha Indonesia siswa masih rendah, hanya 15% yang mampu melakukan komunikasi aktif secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
ü  Bangunan perpustakaan masih memiliki koleksi buku yang minim sehingga siswa tidak berminat untuk berkunjung ke perpustakaan.
Analisa Menggunakan Tabel Analisa Matrik SWOT
Berdasarkan analisa lingkungan yang telah dilakukan sebelumnya, maka diketahui beberapa peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki SD Negeri 4/82 Unyi.Dengan demikian kita dapat menganalisa dan mengetahui isu strategis yang dihadapi oleh SD Negeri 4/82 Unyi berdasarkan matrik di bawah ini. Melalui analisis SWOT yang baru dengan model Kearns sebagai mana yang dapat kita lihat pada table matrik Swot berikut ini:



Tabel Matrik Swot
SD Inpres 4/82 Unyi

      
      Faktor Internal







Faktor Eksternal
Kekuatan (S):
·      Metode mengajar guru yang bervariasi
·       Orang tua memiliki minat untuk memasukkan anaknya ke SD Inpres 4/82Unyi
Kelemahan (W):
Siswa masih minim dalam
Berbahasa indonesia
    
 Peluang (O):
ü  Dukungan pemerintah      daerah



S – O


W – O
Ancaman (T):
ü Lembaga pendidikan sejenis .
ü Koleksi buku sangat minim


S – T


W – T
4.             Menurut pendapat saya saran dapat di berikan terkait hasil analisis yang telah   di lakukan yaitu sebagai berikut:
a.    Sebaiknya kekuatan yang ada di lembaga pendidikan di gunakan untuk meminimalisir kelemahan yang ada di lembaga tersebut.
b.    Sebaiknya ancaman yang ada di lembaga pendidikan dapat di hilangkan untuk memudahkan dalam pencapaian tujuan.

5.             Menurut pendapat saya manfaat utama yang di rasakan dengan penerapan Analisis SWOT pada penglolaan pendidikan di lembaga pendidikan adalah dengan penerapan analisis SWOT kita dapat mengetahui dan mengevaluasi kekuatan,kelemahan,peluang,dan ancaman yang ada dalam suatu lembaga pendidikan.Dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan mampu mengambil keuntungan dari peluang yang ada,bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mencegah keuntungan dari peluang yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan mampu menghadapi ancaman yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mampu membuat ancaman menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar